Kurikulum

kesiswaan

Program Pembelajaran PJOK MA

Menjelang tahun pelajaran baru, biasanya dilakukan rapat dinas pada Madrasah Aliyah Negeri Sengkol yang membahas salah satunya evaluasi pembelajaran pada tahun ajaran sebelumnya. Membuat Program Tahunan (Protah) dan Program Semester (Promes) adalah salah satu hal penting dalam persiapan pembelajaran di SMA. 

Setelah Protah dibuat, saatnya membuat Promes. Program Semester ini merupakan pecahan dari Protah. Ia lebih spesifik dengan waktu dan jam pelaksanaan pembelajaran. Pembuatan Program Tahunan dan Program Semester ini harus berpatokan pada Kalender Pendidikan. Jika tidak, akan mengalami banyak ketidaktepatan waktu.


Selain itu dibagikan Surat Keputusan (SK) pembagian tugas mengajar pada masing-masing guru dan juga dibagikan kalender alademik untuk keperluan menyusun program tahunan dan program semester.

Distribusi waktu pada program semester merupakan satu perangkat pembelajaran yang harus disiapkan guru pada setiap awal semester. Distribusi waktu ini dibuat dalam bentuk tabel dengan urutan sebagai berikut:

  • Judul
  • Identitas: matapelajaran, kelas/program, tahun pembelajaran, dan jumlah jam tatap muka per minggu.
  • Isian pada tabel mencakup: nomor, standar kompetensi dan kompetensi dasar, materi pokok, serta alokasi waktu yang diperlukan untuk setiap materi pembelajaran.
  • Tempat dan waktu penulisan alokasi waktu.
  • Penyusun atau guru matapelajaran.
  • Pihak yang mengetahui penyusunan, yakni kepala sekolah.
Sebuah program bukan hanya kegiatan tunggal yang dapat diselesaikan dalam waktu singkat, tetapi merupakan kegiatan yang berkesinambungan karena melaksanakan suatu kebijakan (Arikunto dan Jabar, 2004:3). Oleh karena itu penyusunan program tahuan dan program semester tentu merupakan satu sistem yang saling terkait. 

Download :

Share
logo

Comments

0 comments to "Program Pembelajaran PJOK MA"

Post a Comment

 

Copyright © 2012 by MAN Sengkol